Gudep MAS Alkhairaat Kalumpang Kota Ternate Kembali Juara  dalam Lomba Semaphore Kreasi Festival Pelajar Nusantara 2022

Pramuka Gugus Depan 04.007-04.008 Al-Djufri Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Ternate kembali mengukir prestasi sebagai juara 2 lomba semaphore kreasi pada Festival Pelajar Nusantara tahunn 2022 yg diselenggarakan oleh LPP RRI Ternate dalam rangka Hari Sumpah Pemuda tgl 23 s/d 28 Oktober 2022.

Dalam lomba tersebut keluar sebagai juara 1 SMA Negeri 2, juara 2 MA Alkhairaat dan juara 3 SMA Negeri 1 Ternate.  Selain itu juga salah 1 anggota gudep Al-Djufri dalam lomba baca berita atas nama “Dian Mulyani Indrawati” Mendapat juara 3 pada lomba baca berita.

Lomba Kepramukaan Semaphore Kreasi dalam Festival Pelajar Nusantara yang di gelar oleh RRI Kota Ternaate ini diikuti oleh para anggota Pramuka Penegak di Kota Ternate ini mendapat banyak perhatian oleh masyarakat sekitar, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang ikut menyaksikan lomba tersebut.

Peragaan

Persiapan lomba

Dan Yup, betul sekali bahwa kegiatan Lomba Semaphore ini sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas, karenanya Semaphore merupakan salah satu materi yang diajarkan pada pramuka.

Bagi yang belum tahu apa itu Semaphore, jangan khawatir disini juga akan di bahas secara sekilas tentang semaphore.

Semaphore atau semafor adalah suatu metode untuk mengirim sinyal atau pesan dengan menggunakan alat – alat sederhana. seperti menggunakan bendera, batang, atau juga tangan kosong sekalipun, dengan cara mengulurkan kedua tangan membentuk posisi tertentu sesuai formasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Disini Bendera, batang, atau alat lainnya berperan untuk memperjelas arah gerakan tangan ketika menyampaikan pesan.

Semaphore bermanfaat adalah sebagai salah satu cara untuk melakukan komunikasi jarak jauh. jadi Semaphore ini merupakan salah satu materi yang diajarkan dan wajib dihafalkan oleh seluruh anggota pada kegiatan pramuka. Dengan tujuannya adalah agar anggota pramuka tetap bisa berkomunikasi dari jarak yang jauh, meskipun sedang berkemah di tempat yang susah sinyal, seperti di gunung atau di desa terpencil. makanya, semua anggota harus hafal supaya bisa mengerti kalau ada yang mengirim pesan menggunakan sandi ini.

Sumber : Ustazah Nunung, pembina pramuka Gugus-depan 04.007-04.008 Al-Djufri pangkalan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Ternate

Leave a comment

Tentang Kami

alkhairaat-ternate.or.id adalah situs resmi milik Alkhiraat Cabang Kota Ternate, sebagai media silaturahmi dan dakwah dengan menyajikan informasi seputar pendidikan, dakwah dan sosial, serta mempromosikan tulisan-tulisan rahmatan lil-alamin yang berakar pada kearifan tradisi

Hubungi Kami

Alamat: Jl. Kakatua, No.155, Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku UtaraTelepon: (0921) 312 8950email: alkhairaat.ternate@gmail.com