As-Sayyid Idrus bin Salim Aljufri

Fadly S.

Dosen IAIN Ternate | Wakil Sekretaris KOMDA Alkhairaat Ternate

Harta akan lenyap dan lenyap pula pemiliknya bersamanya,

Sedangkan ilmu itu kekal dan para ilmuwan akan selalu dikenang dan diingat

Baris kalimat di atas merupakan sepenggal syair yang digubah oleh as-Sayyid Idrus bin Salim Aljufri, pendiri Alkhairaat yang lahir pada hari Senin 14 Sya’ban 1309 H di Taris, sebuah kota kecil di Yaman Selatan.

Bagi orang yang mengenalnya, pasti tahu betapa beliau menyukai syair dan syair yang dibuatnya mempunyai nilai kesastraan yang sangat tinggi dalam sastra Arab.

Guru Tua – sapaan hormat yang disandingkan oleh masyarakat Palu kepada beliau – sering menggunakan syair sebagai sarana untuk mengemukakan ide maupun pemikirannya. Lihat saja syair di atas, ia merupakan bentuk himbauan/ajakan beliau kepada seluruh manusia untuk menuju ke kesadaran yang hakiki bahwa seberapa banyak harta yang dikumpulkan pasti akan lenyap bersama dengan pemiliknya, sedangkan ilmu tidak akan pernah lenyap bahkan kekal demikian pula dengan ilmuwan.

Guru Tua sendiri merupakan contoh konkrit dari syair di atas, apa yang orang kenang dari sosoknya? Bukankah mayoritas yang mengenalnya apabila disebut nama “Habib Idrus bin Salim Aljufri” maka refleksi pikirannya adalah seorang ulama dan lembaga pendidikan Alkhairaat, beliau sangat identik dengan kedua hal tersebut.

 Al-‘Alim al-Allamah al-Bahrul Fahhamarrabbany al-Mujahid al-Maghfurlahu demikian gelar yang disematkan kepada as-Sayyid Idrus bin Salim Aljufri. Gelar tersebut diberikan kepada ulama yang telah mencapai puncak tertinggi dalam ilmu agama, sang rabany yang amat luhur akhlak dan budi pekertinya, wara’, tawadhu, suci dan bersih dari hasrat keduniawian yang hina serta mengamalkan seluruh ilmunya.

Tentunya, apa yang telah dicapainya itu melalui perjuangan yang berat dan penuh dengan kesungguhan dalam menuntut ilmu. Sebagaimana tertulis di dalam buku – buku yang mengulas sejarah kehidupannya, bahwasanya sedari kecil beliau telah tekun belajar dalam menuntut ilmu sehingga dalam usia yang masih muda sudah menguasai ilmu pengetahuan yang luas, bahkan di usianya yang ke-17, telah dipercaya menjadi sekretaris Mufti Hadramaut.    

Kebiasaan menuntut ilmu dengan penuh kesungguhan yang telah terpatri sejak belia kedalam jiwa telah berhasil membentuknya menjadi pembelajar dan pendidik yang agung. Tidak ada waktu yang terbuang percuma melainkan diisi dengan belajar atau mendidik muridnya, sebagaimana dikisahkan bahwa Guru Tua mempunyai kebiasaan bepergian disertai dengan sejumlah murid agar proses belajar mengajar senantiasa terlaksana.

Pesantren Alkhairaat juga merupakan bukti nyata kesungguhan perjuangan beliau sebagai pembelajar dan pendidik yang agung, yang bertujuan untuk mencerdaskan manusia melalui syiar Islam. Sebagaimana diungkapkan dalam syairnya:

Wahai putra – putri Palu, Alkhairaat adalah ibumu

Ia menyeru dan mengundang mereka yang punya niat, hasrat dan kemauan untuk belajar.

Bergiatlah kalian menuntut ilmu wahai putra – putri Alkhairaat

Karena orang – orang berilmu menempati derajat yang tinggi.

Guru Tua memang telah meninggal (w. 22 Desember 1969) namun seperti kata pepatah gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Demikianlah beliau akan terus dikenang melekat erat dengan lembaga pendidikan yang didirikannya, ibarat mata air ilmu yang senantiasa terus mengalir di sepanjang sungai Alkhairaat. Bagi murid maupun pengikut Guru Tua, sudah sepantasnyalah kita mengikuti teladan beliau dengan senantiasa mengejar ilmu dan mengamalkannya. 

Aku ajak setiap muslim kepada ilmu dan takwa

Dengan kondisiku dan hartaku serta pena dan lisanku

Aku ajak mereka menuju Allah dan KitabNya

Menjelaskan kepada mereka cahaya keimanan dari berbagai bentuk kegelapan

Dan sebaik-baik sunnah Rasul aku ajak untuk mempelajarinya

Di dalamnya ada hidayah, cahaya dan ilmu yang patut engkau ketahui

Leave a comment

Tentang Kami

alkhairaat-ternate.or.id adalah situs resmi milik Alkhiraat Cabang Kota Ternate, sebagai media silaturahmi dan dakwah dengan menyajikan informasi seputar pendidikan, dakwah dan sosial, serta mempromosikan tulisan-tulisan rahmatan lil-alamin yang berakar pada kearifan tradisi

Hubungi Kami

Alamat: Jl. Kakatua, No.155, Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku UtaraTelepon: (0921) 312 8950email: alkhairaat.ternate@gmail.com